Jumat, 25 Januari 2019

Lakukan 7 Hal Ini agar Tetap Bahagia Setelah Putus (Penakata)



Si dia pergi bukan berarti kamu enggak berhak bahagia lagi lo!

Putus dengan pacar atau seseorang yang pernah mengisi hati dan hari-harimu rasanya bikin kamu galau, bukan? Entah itu karena orang ketiga atau hubungan kamu dengan dia sudah tidak ada kenyamanan lagi. Apa pun alasannya, yang pasti harimu sudah tidak sama lagi.

Sayangnya, tidak semua orang bisa menerima kenyataan pahit dan menyedihkan ini. Tidak semua orang mampu bertahan setelah si dia pergi dari kehidupanmu. Rasanya semua berbeda. Begitu sendu dan tidak bergairah lagi. Bawaannya galau terus. Enggak semangat.

Nah, agar kamu tidak berkutat terus dalam rasa galau dan kehilangan semangat, lakukan 7 hal ini.

1. Lupakan semua momen manismu dengan dia


Yang namanya kenangan manis, rasanya terlalu sulit untuk kamu lupakan. Wajar dong bila semua momen manismu dengan dia terbayang kembali di ingatanmu dan membuat kamu merindukan kembali saat-saat itu. Hal ini bikin kamu sulit untuk move on. Kamu jadi galau karena merindukannya. Merindukan semua yang indah dan berkesan saat bersama dia. Nah, di sinilah kamu perlu memiliki pertahanan diri. Niatkan di hatimu untuk tidak mengingatnya lagi. Semua itu masa lalu. Kamu harus mulai menata kembali hati dan hidupmu.

2. Buat daftar panjang kebiasaan dan sifat buruk dia


Ini cukup ampuh untuk kamu lakukan. Coba deh kamu buat daftar panjang dari kebiasaan dan sifat dia yang menyebalkan dan kerap bikin kamu kesal, bahkan kerap memicu pertengkaran kecil dengannya. Misalnya sikap dia yang suka menggerutu dan merengut setiap menemani kamu belanja ke mal atau mengantarmu ke suatu tempat. Kebiasaan dia yang suka terlambat, bahkan kalau janji harus selalu diingatkan lagi, dia yang segala kata-katanya harus kamu ikuti serta banyak hal-hal buruk lainnya selama kamu menjadi pacarnya.

3. Cari perbedaan yang mengurai jarak antara kamu dengan dia


Temukan perbedaan yang sebenarnya membuat kamu dengan dia selalu berselisih atau terlibat pertengkaran kecil. Kamu bisa membayangkan kekesalan kamu karena begitu banyak perbedaan selera antara kamu dengan dia. Misalnya dia suka sekali menonton bola, sedangkan kamu tidak suka. Dia suka membaca buku tentang teknik, sedang kamu lebih memilih membaca novel percintaan yang menguras hati dan perasaanmu. Dia yang tidak suka drama Korea, sedangkan kamu sangat tergila-gila menonton drakor. Bahkan, selera dalam memilih tempat kencan pun bisa menjadi satu alasan yang membuat kalian sering bersitegang.

4. Jaga jarak meskipun kamu masih berteman dengan dia


Salut buat kamu yang masih bisa berteman dengan mantan. Namun, apa hatimu sekeras baja bila segala hal tentang dia masih kamu akrabi. Yang ada perasaanmu bisa menjadi bingung karena status teman, tapi berasa masih seperti pacar. Masih bersikap manja dan perhatian juga. Yang ada, kamu bisa berharap balikan lagi dengan dia, sedangkan dia sudah dekat dengan cewek lain. Sudah move on darimu. Bagaimana kamu bisa bahagia bila situasinya seperti ini? Jangan pernah ragu, putus semua yang hal yang menghubungkan kamu dengan dia.

5. Hindari rasa selalu ingin tahu tentang dia


Berhenti melakukan hal ini! Kamu tidak akan bisa bertahan bila masih peduli dan mau tahu tentang dia. Stop bertanya tentang kabarnya. Berhenti melihat twitter atau instagram hanya karena ingin tahu apa yang sedang dia lakukan. Apa pun akun yang menghubungkan kamu dengan dia, sebaiknya kamu unfollow deh. Jangan suka stalking dia. Bila kamu lakukan, ini akan menjadi suatu obsesi yang merugikan dirimu. Semakin jarang kamu mendengar gosip tentang dia, semakin cepat sosoknya hilang dari ingatanmu.

6. Luapkan perasaanmu sepuasnya


Namanya baru kehilangan orang terdekat dan terkasih, rasanya akan sulit buatmu menahan perasaan yang menyesak di dada. Karena itu, menangislah bila itu membuatmu lega. Berteriak atau memaki pun tidak masalah bila yang kamu lakukan membuat perasaanmu lebih baik. Bila sudah puas, tegaskan dalam dirimu untuk tidak memikirkannya lagi.


7. Nikmati status single-mu


Terima keadaanmu saat ini. Yakinkan dirimu bahwa statusmu saat ini adalah yang terbaik bagimu. Ingat, bagaimana bahagianya kamu sebelum mengenal dia. Kamu bisa melakukan segala hal yang kamu sukai tanpa ada larangan atau batasan dari dia.

Girls, sudah melakukan semua itu? Lakukan bila kamu ingin bertahan bahagia setelah tidak bersamanya lagi!(@analydiap)


Sumber gambar: Pixabay/Xusenru
19/01/19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar