Senin, 10 Juli 2017

Whisper of the Heart (Review Film)

Kali ini, Whisper of the Heart (Mimi wo Sumaseba) cerita manga karya Aoi Hiiragi yang diadaptasi oleh Hayao Miyazaki dan diangkat menjadi film. Film yang disutradarai oleh Yoshufumi Kondō ini rilis pada 15 Juli 1995.

Whisper of the Heart mengangkat tema tentang kegigihan sepasang remaja dalam meraih impian masa depan mereka. Tentang minat, bakat, serta bagaimana usaha mereka untuk mewujudkannya.

Adalah Shizuku Tsukishima (14 tahun), seorang gadis remaja kutu buku yang lebih memilih mengisi waktunya di perpustakaan dengan membaca buku. Sejak ia mendapati nama Seiji Amasawa dalam setiap buku yang ia pinjam, Shizuku menjadi penasaran dan menduga-duga, seperti apa sosok bernama Seiji Amasawa itu. Bahkan, mencari tahu kepada guru senior di sekolahnya.

Suatu hari, Shizuku dan Yuko Harada, sahabatnya di sekolah, janji bertemu di sekolah untuk membahas lagu "Country Road" yang Shizuku terjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Lagu itu akan mereka nyanyikan dalam acara kelulusan sekolah. Karena mengejar Yuko yang salah tingkah saat melihat kedatangan Sugimura, teman sekelas yang diam-diam ia sukai, buku berisi lembar terjemahan lirik lagu itu jatuh dan tertinggal di taman sekolah. Saat kembali lagi untuk mengambilnya, Shizuku mendapati seorang laki-laki sebayanya yang tengah membaca terjemahannya. Cowok itu sempat membuat Shizuku kesal karena telah mengolok-olok terjemahan lagunya. Bahkan, saat mereka berpapasan di sekolah pun anak laki-laki itu bersikap seolah tak mengenalnya.


Siang itu, Shiho (kakak Shizuku) menyuruh Shizuku mengantar makan siang untuk ayah mereka (Seiya Tsukishima), seorang pustakawan. Di kereta, dalam perjalanan menuju perpustakaan tempat Seiya bekerja, Shizuku bertemu seekor kucing (Muta, karakter dalam "The Cat Return"). Karena penasaran, Shizuku pun mengikuti ke mana kucing itu pergi. Kucing itu membawa Shizuku ke sebuah toko barang antik milik kakek Nishi Shiro. Sebuah barang antik berwujud patung kucing bernama Baron (lihat The Cat Return), berhasil menarik perhatian Shizuku. Dan, di sanalah Shizuku mengenal Seiji Amasawa, anak laki-laki yang selalu membuatnya jengkel. Ternyata, Seiji Amasawa adalah cucu dari kakek Nishi.

Sejak Seiji memainkan biolanya dan mengiringi Shizuku menyanyikan lagu "Country Road", mereka menjadi dekat. Bahkan, Seiji menceritakan keinginannya untuk menjadi seorang pembuat biola. Kelak, ia ingin belajar membuat biola di Cremona, sebuah kota tua di Italia yang banyak menghasilkan pembuat biola. Sayang, orang tua Seiji menentang keinginannya. Hanya kakek Nishi yang mendukungnya. Meski akhirnya sang ayah menyetujui keinginannya itu, tapi dengan satu syarat: Seiji harus magang dulu dalam sebuah lokakarya di Itali selama dua bulan. Seiji mengabarkan hal itu pada Shizuku. Tentu saja Shizuku menjadi sedih. Saat Shizuku masih belum tahu apa impiannya, Seiji telah merencanakan dan memutuskan masa depannya; impiannya. Selain itu, Shizuku yang menyukai Seiji pun sedih karena selama dua bulan ia akan kehilangan Seiji.


Namun, setelah Shizuku curhat pada Yuko, Shizuku memutuskan untuk menulis cerita. Ia meminta izin pada kakek Nishi untuk menjadikan Baron sebagai tokoh pahlawan dalam ceritanya. Kakek Nishi menyetujuinya dengan syarat, saat cerita itu selesai, kakek Nishi-lah orang pertama yang membacanya. Maka, selama dua bulan itu, Shizuku mencurahkan seluruh waktu dan perhatiannya untuk menulis sebuah cerita. Karena itulah, pelajaran di sekolahnya menjadi terabaikan dan peringkatnya turun drastis sehingga Asako–ibunya–dipanggil ke sekolah. Hal itu pun memicu pertengkaran di antara Shiho dan Shizuku dan menimbulkan keresahan pada Seiya dan Asako.


Bagi pencinta dan penikmat film-film Ghibli, pasti tidak asing lagi dengan dua karakter pada film ini. Ya, karena dua karakter pada film ini ditulis oleh penulis yang sama yaitu Aoi Hiiragi. Whisper of the Heart seperti film-film Ghibli lainnya, tentu saja selalu mengandung pesan moral. Sebuah film tentang sepasang remaja yang berusaha mewujudkan impian mereka. Tentang kegigihan dan kerja keras mereka agar bisa menggapainya. Film tentang pesahabatan, cinta remaja, dan percikan cerita fantasi khas Ghibli.

Tertarik menonton keseluruhan ceritanya, tonton saja filmnya! Tentang Yuko Harada dan cinta terpendamnya, Sugimura dan cinta bertepuk sebelah tangannya, cerita kakek Nishi dengan kisah cinta masa mudanya yang terpisah karena perang dan cerita di balik patung Baron (harta karun kakek Nishi yang sangat berharga). Tak lupa, sedikit wejangan kakek Nishi tentang batu kasar pada diri Seiji dan Shizuku. 

Apakah Shizuku berhasil menyelesaikan ceritanya? Berhasilkah Seiji memenuhi persyaratan yang diberikan ayahnya?

Whisper of the Heart sebuah film keluarga dengan jalan cerita yang sederhana. Saya suka dengan ekspresi dan gerak tubuh Shizuku saat menyanyikan "Country Road". Ekspresif dan niat banget nyanyinya! 😍

Cerita berakhir dengan ... pemandangan kabut di pagi hari, sinar mentari yang memukau, dan ungkapan rasa hati! πŸ’˜πŸ’˜πŸ’˜

Selamat menonton!πŸ’™πŸ’™πŸ’™

Tidak ada komentar:

Posting Komentar