Minggu, 10 Februari 2019

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Melakukan Kesalahan yang Membuatmu Gagal (Penakata)



Jadikan kesalahan sebagai pelajaran hidup untuk meraih sukses

Untuk mencapai apa yang kamu impikan dan harapkan, tak jarang kamu terbentur oleh kesalahan yang kamu buat sendiri, baik kamu sadari atau tidak. Sebenarnya, sesuatu yang manusiawi ketika kamu melakukan kesalahan karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. Namun, jangan pernah menjadikan kesalahan sebagai alasan yang membuat kamu tidak berani lagi melakukan tindakan apa pun. Jangan sampai karena kesalahan yang kamu lakukan menjadikan kamu seorang penakut sehingga tidak berani lagi mengambil keputusan, apalagi tindakan untuk memulai langkah baru.

Nah, agar tidak terpuruk dalam keputusasaan karena membiarkan dirimu dihantui perasaan bersalah, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk mengantisipasi segala hal yang akan terjadi nanti apabila kamu melakukan kesalahan. Lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Jadikan kesalahan sebagai alarm peringatan


Menjadikan kesalahan yang telah kamu lakukan sebagai alarm peringatan adalah bentuk pengingat yang baik agar kamu tidak berhenti belajar. Maksudnya agar kamu tidak melakukan lagi kesalahan yang sama. Kamu bisa mempelajari dan mencari tahu kesalahan apa saja yang menjadi penyebab kamu gagal.

Karena itu, jangan takut bila apa yang kamu putuskan dan lakukan mungkin saja berakhir dengan kegagalan. Bila kamu takut memulai suatu tindakan karena takut akan melakukan kesalahan, kamu jadi takut untuk melakukan sesuatu. Kamu cenderung diam dan tidak melakukan apa-apa. Akhirnya tidak menghasilkan apa-apa. Orang lain sudah berhasil meraih apa yang mereka impikan, kamu masih terpuruk saking takutnya akan melakukan kesalahan. Ayo, semangat dan bertindaklah!

2. Cari tahu penyebab kesalahan itu


Tidak ada seorang pun yang mau gagal dalam mencapai impian dan harapannya. Ada banyak penyebab yang membuat kamu tidak berhasil mencapai apa yang kamu harapkan. Carilah kesalahan apa yang menyebabkan kamu gagal. Jangan berhenti belajar dan mencoba terus memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan. Orang sukses tidak takut untuk mencoba dan mencoba lagi. Meski mereka menemui kegagalan, tapi mereka tidak kenal kata menyerah. Orang yang mencapai kesuksesan pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, mereka tidak langsung menyerah. Ingat kalimat bijak yang mengatakan bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda. Jadikan kelemahan dan kegagalanmu sebagai pemicu semangat. Kamu mampu kok.


3. Membuka diri untuk menerima masukan dari orang lain


Percaya dengan kemampuan diri sendiri sah-sah saja. Namun, tidak selamanya kamu mampu melakukan segalanya sendiri. Tidak ada salahnya menerima masukan berupa nasihat atau saran positif yang tentunya bisa membuka jalan bagi keberhasilanmu. Pendapat orang lain sebagai perbandingan atau pedoman bisa kamu sertakan juga dalam mengambil suatu keputusan dan tindakan. Terutama untuk hal baru yang tidak kamu pahami dan kuasai. Bila kamu sudah tidak mampu mengatasi kesalahan yang kamu lakukan, itu pertanda bahwa kamu membutuhkan bantuan orang lain. Kesalahan bukan untuk diulangi, tapi untuk kamu perbaiki.

4. Jangan terintimidasi rasa bersalah


Jangan menghukum diri sendiri. Memaafkan diri sendiri adalah cara tepat untuk mengatasi perasaan bersalahmu. Bebaskan dirimu dari perasaan bersalah itu agar terhindar dari frustrasi yang akan merenggut rasa percaya dirimu. Ketika kamu kehilangan rasa percaya diri, kamu akan menjadi seorang penakut yang selalu ragu, bahkan tidak berani mengambil keputusan.

Agar tidak terpuruk, buang jauh-jauh perasaan yang muncul karena penilaian yang salah. Ubah pola pikirmu yang salah itu. Menyerah dan menyesali keadaan bukanlah solusi yang tepat. Jadikan kesalahan itu sebangai masa lalu. Kamu harus mengubah pola pikirmu yang salah. Kamu harus bangkit dan berjuang kembali untuk mencapai tujuan hidupmu.

5. Jadikan kegagalan sebagai titik balik dalam hidupmu


Jangan pernah menjadikan kegagalan sebagai penghambat. Jadikan kegagalan sebagai batu loncatan untuk kesuksesanmu di masa yang akan datang. Cobalah selalu berpikir positif. Jadikanlah kegagalan sebagai titik balik dalam hidupmu. Mulailah memperbaiki cara hidup kamu yang salah. Beranikan dirimu untuk memulai satu langkah baru. Bukankah kesalahan telah mengajarkan banyak hal agar kamu lebih berhati-hati dan bertanggung jawab dalam mengambil suatu keputusan?

Karena itu, untuk membebaskan perasaan buruk yang kamu alami, kamu harus senantiasa bersyukur. Jangan menyalahkan keadaanmu saat ini. Dengan bersyukur, kamu dapat memaknai hidup lebih baik. Kesalahan bukanlah akhir dari segalanya. Dengan kesalahan, kamu akan semakin bijaksana dalam menyikapi segala persoalan hidup. Tanamkan itu di pikiranmu.

Selamat berusaha dan jangan lupa berdoa! Semangat!


Baca Juga: 5 Tips agar Terhindar dari Mabuk Konsumerisme


Sumber gambar: Pixabay/Geralt
03/02/19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar